Jumat, 01 Mei 2009

Honda Mobil Terhemat Tahun 2008 Versi EPA

Produk-produk Honda produksi tahun 2008 dinobatkan mobil dengan efisiensi bahan bakar yang paling tinggi di antara semua merek di dunia. Dalam laporan yang dirilis oleh EPA (Environmental Protection Agency) di Amerika Serikat, mobil-mobil Honda mampu mencapai efisiensi bahan bakar rata-rata 10,03 km/liter.

Di bawah Honda, EPA menempatkan Toyota Motor Corp. di urutan kedua dengan konsumsi bahan bakar 9,94 km/liter, menyusul di peringkat ketiga adalah Hyundai Motor Co. dengan 9,60 km/liter. Merek-merek lain, seperti Nissan Motor Co. dan BMW AG memiliki rata-rata konsumsi BBM sebesar 9,01 km/liter, sementara Volkswagen AG mencapai 8,92 km/liter.

Sementara itu, produk ramah lingkungan dari Honda, yaitu Honda Civic Hybrid dinyatakan sebagai mobil paling hemat bahan bakar di urutan kedua di dunia, dengan rata-rata konsumsi mencapai 18,23 km/liter.

Dalam laporan yang sama, EPA juga menunjukkan bahwa trend penjualan mobil di Amerika Serikat kini cenderung bergeser ke mobil-mobil berukuran sedang dan kecil. Seperti dilansir oleh Smartdrive, EPA juga mencatat bahwa penjualan SUV medium, SUV besar, dan truck pick up besar di Amerika Serikat telah mengalami penurunan sebesar 12-25% dari proyeksi awal industri otomotif.

Sementara EPA memprediksi, permintaan pasar pada mobil ukuran kecil dan menengah yang menggunakan mesin 4-silinder akan mengalami lonjakan seiring mahalnya harga minyak.

Untuk tahun 2008, EPA menggunakan metode baru untuk uji konsumsi bahan bakar, yang melibatkan kondisi perjalanan dalam kecepatan tinggi, penggunaan air conditioning, dan pengoperasian kendaraan dalam suhu udara rendah. Metode yang rampung dikembangkan pada tahun 2006 tersebut dapat memberikan hasil yang lebih menggambarkan pencapaian konsumsi bahan bakar dalam kondisi yang sebenarnya.

EPA merupakan badan yang dibentuk oleh Pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1970, yang mempunyai misi untuk melindungi kesehatan manusia dan mencegah serta memperbaiki kerusakan lingkungan hidup. Saat ini EPA mempekerjakan sekitar 17.000 orang di seluruh Amerika Serikat, yang terdiri dari berbagai profesi seperti insinyur, ilmuwan, sampai politisi. Badan yang berkantor pusat di Washington DC ini merupakan yang terdepan di Amerika Serikat dalam penelitian, edukasi, serta pengkajian di bidang lingkungan hidup.


Sumber:
www.honda-indonesia.com

Dikutip Dari :
http://www.otomobilclub.com

0 komentar:

Posting Komentar